Kuah Pliek Jadi Menu Perpisahan Mahasiswa KKN Kelompok 60

in actnearn •  2 months ago 

Kuah Pliek_KKN 60.jpg


Mahasiswa KKN Kelompok 60 Universitas Malikussaleh di Desa Ubit Paya Itek Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, memasak kuah pliek bersama warga menjelang berakhirnya masa KKN, Minggu (22/9/2019).

Selain untuk memperkuat silaturahim antara mahasiswa dengan warga gampong menjelang berakhirnya masa KKN, menu kuah pliek dipilih untuk memperkenalkan masakan khas dari Aceh kepada sejumlah mahasiswa dari luar Aceh.

Kuah pliek adalah masakan khas dari Aceh yang berbahan dasar dari "pliek" yang artinya patarana (kelapa yang difermentasi). Masakan ini sangat populer di Aceh, tetapi masih banyak mahasiswa dari daerah lain yang belum mengenal dengan masakan ini. Bahan yang dibutuhkan antara pepaya muda, kacang panjang, terong, cempokak, daun melinjau dan buah melinjau, daun ubi, dan nangka muda.

“Beberapa mahasiswa dari luar Aceh mengenai cara memasak kuah pliek. Wawasan mereka tentang kuliner Aceh menjadi bertambah,” ungkap Dosen Pembimbing Lapangan mahasiswa KKN Kelompok 60, Ristati, M Si yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepada Desa Ubit Paya Itek, Adbul Halim, mendukung acara dengan kuliner khas Aceh tersebut. Menurutnya, masak kuah pliek lebih bagus daripada bakar-bakar ayam yang sudah biasa. “Bagi mahasiswa dari luar Aceh, setelah ini tentu sudah paham cara memasak kuah pliek, meski pliek agak susah diperoleh di luar Aceh,” katanya sebagaimana dilaporkan Humas KKN Kelompok 60, Surya Fajriansyah.

Kegiatan Posyandu

Sebelumnya, mahasiswa KKN Kelompok 60 Universitas Malikussaleh mengikuti kegiatan Posyandu di Gampong Ubit Paya Itek Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara.

Dosen Pembimbing Lapangan mahasiswa KKN Kelompok 60, Ristati MSi, mengatakan keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan Posyandu untuk mendukung kesuksesaan kegiatan rutin tersebut. “Selain kegiatan ini sangat berguna untuk menambah wawasan mahasiswi untuk terlibat dalam kegiatan Posyandu,” ujar Ristati.

Dalam kegiatan Posyandu tersebut, mahasiswa memberikan balon kepada anak-anak untuk membuatnya betah selama berada di Posyandu. Saat kegiatan berjalan dan ibu-ibu datang ke Posyandu, mahasiswa KKN kelompok 60 langsung memberikan balon kepada anak-anak.[]


Posyadu_Kelompok 60.jpg

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!