Online Learning, Kuliah Masa Depan

in education •  last month 

kuliah-online-pintaria.jpg


Source

Perkembangan teknologi setidaknya berdampak pada semua aspek kehidupan manusia, salah satunya dibidang pendidikan. Jika dulu proses pembelajaran mengharuskan para pesertanya bertemu langsung di dalam kelas, kini dengan online learning proses transfer ilmu pengetahuan dapat menjadi dilakukan kapan, dan dimana saja, tanpa harus bertatap muka.

Online learning merupakan pembelajaran berbasis internet. Perkembangan dari teknologi learning yang berbasis pada teknologi informasi, dan komunikasi.

Diluar negeri seperti Amerika Serikat, online learning telah memantik jutaan Mahasiswa.


melihat-kelebihan-dan-kekurang-pembelajran-online-768x432.jpg
Source

Di Indonesia, penyelenggaraan perkuliahan berbasis internet belum banyak. Baru 6 kampus yang telah mendapat izin. Yakni, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi 10 November, Universitas Nusantara, dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika, dan Komputer Amikom Jogyakarta.

Ada yang berprofesi sebagai Karyawan, Artis, Atlet, Pramugari, Birokrat, dan para Politisi.

Mereka tak hanya datang dari berbagai daerah Indonesia, namun banyak juga yang berasal dari luar negeri.

Setiap Mahasiswa mendapatkan akses learning manajemen sistem, atau ELEMES. Yakni media belajar virtual yang menghubungkan dengan Dosen.

"Mahasiswa menjadikan ELEMES itu sebagai kelasnya dia, kampusnya dia. Jadi, bukan Mahasiswa yang mendatangi kampus, tetapi kampus yang datang ke mereka. Jadi, Mahasiswa itu di rumah, di tempat bekerja, dimana pun dia ada akan bisa membuka kelasnya."

Sedangkan untuk Universitas tinggi, Perguruan Tinggi Negeri, Universitas terbuka lah yang secara utuh yang menerapkan perkuliahan online.

"Jadi, Universitas itu menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh. Artinya, Mahasiswa dengan Dosen itu tidak belajar bareng-bareng di dalam kelas, dan pada jadwal yang sama. Nah, karena jarak jauh ini, maka materi pembelajaran itu dikemas dalam bahan ajar yang disebut modul."

Keuntungan sistem perkuliahan online ini yang pasti memberikan banyak keleluasaan antara waktu dan tempat bagi para Mahasiswanya. Lebih dari itu kuliah online juga dapat menghemat bahan bakar minyak, tinta, maupun kertas dalam tiap aktivitas pembelajaran kerjanya. Namun, pola belajar masyarakat Indonesia yang selalu bola, atau materi dari Dosen, dinilai sebagai kelemahan dari sistem kuliah online.

Meski demikian, para Mahasiswa tidak perlu resah soal legalitas ijazah yang dihasilkan dari kuliah online. Karena pemerintah telah menjamin legalitas ijazah selama kampus penyelenggaraan kuliah online memperoleh izin.

" Jadi, pertama tetap izinnya harus ada dari pemerintah supaya nanti tidak disalah gunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
Yang kedua tentang sarana dan prasarana. Memang ini yang harus menjadi PR bersama.
Jadi, bukan hanya dari Kementerian Pendidikan dan Kebuudayaan, yang akan bertanggung jawab terhadap jalannya pendidikan ini. Tetapi harus berkolaborasi sama Kominfo, misalnya."

Kuliah online merupakan terobosan sistem perkuliahan terkini yang hadir dari kecanggihan teknologi.

Kuliah online membuat Mahasiswanya tetap menjadi lebih aktif dan kreatif dalam tiap aktivitas pembelajarannya, karena beragam ilmu dan pengetahuan dari berbagai sumber menjadi sangat mudah di dapat.

Semoga bermanfa'at, sampai jumpa lagi.

By @midiagam

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!