Tips Mengatasi Alergi Pada Ikan

in fish •  13 days ago 

IMG_20201122_123050.jpg


Banyak sekali jenis ikan yang bisa kita makan, asalkan memperhatikan jumlah atau porsinya. Karena sebagian orang ada yang bisa menyebabkan alergi karena mengkonsumsi ikan. Alergi karena ikan menjadi alergi yang terbesar selain susu dan juga telur.

Ada yang mendapatkan alergi pada saat dia sudah dewasa, ada juga yang mendapatkannya pada saat dia masih kecil. Tingkatannya sendiri beragam, ada yang tingkatnya rendah, sedang, hingga berat. Bahkan, ada yang membuat orang sampai terkena asma. Kenapa ya bisa begitu ?

Kemungkinan sebelumnya memang mempunyai riwayat alergi. Dan alergi itu suatu reaksi tubuh merangsang sesuatu yang memang terbentuk alergi, namun seharusnya tidak menjadi penyebab suatu masalah, tapi dianggap suatu masalah di dalam tubuh dia.

Jenis Ikan Apa Yang Berpotensi Besar Menimbulkan Alergi ?

Pada prinsipnya kalau melihat dari jenisnya, saya rasa semuanya punya potensi yang sama selama orang tersebut memang mempunyai riwayat alergi terhadap substansi protein di dalam ikan tersebut.


IMG_20201122_123130.jpg

Jadi, prinsipnya alergi itu adalah suatu sensitifitas terhadap protein tertentu yang ada pada suatu substansi, jadi misalnya untuk ikan. Ada orang yang memakan ikan laut, tapi dia tidak alergi, tidak terjadi sesuatu. Jadi, tidak bisa dibandingin. Selama orang itu memiliki riwayat alergi terhadap bahan salah satu ikan tersebut, reaksinya sama.

Tips Bagi Orang Yang Alergi Pada Ikan ?

Pastikan memang ikan tersebut memang tidak sensitif terhadap tubuh seseorang, pastikan itu dulu. Kemudian kalau memang itu ingin dilawan, itu bisa dengan cara desentisitasi. Artinya mencoba pelan-pelan dengan cara mengambil makanan turunan daripada ikan tersebut. Misalnya kalau ikan kita ambil dalam bentuk somay, atau bakso ikan, kemudian pelan-pelan kita lihat reaksi alerginya ada atau tidak. Kemudian bisa dinaikkan, seperti itu. Itu juga akan terpancing untuk membentuk suatu anti body, sehingga terjadi lama Kelamaan terbentuk sendiri dalam tubuh tersebut.

Coba dipraktekkan di rumah, mungkin saja bagi anda yang alergi dengan daging ikan, justru alerginya bisa hilang. Dan anda bisa makan ikan sepuasnya, dan anda bisa merasakan manfa'atnya.


IMG_20201122_123113.jpg

Kalau kita bicara soal manfa'at dari ikan, ikan merupakan protein nabati yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dan jika kita mengkonsumsinya secara rutin, kita akan merasakan manfa'at dari ikan.

Kalau kita bicara ikan, maka ada kandungan lemak di dalamnya, namun lemak yang ada di dalamnya adalah lemak tak jenuh. Jadi, sangat mudah dicerna oleh tubuh.

Ikan sangat banyak di rekomendasikan oleh banyak pakar kesehatan sebagai makanan dengan manfa'at yang komplek. Kalau ngomongin kandungan, ikan memiliki nutrisi, serta asam lemak omega 3, vitamin D, dan B2, kalsium, fosfor, mineral, (zat besi, seng, yodium, magnesium dan kalium).

Ada banyak alasan kenapa kita harus makan ikan, salah satunya adalah untuk alasan kesehatan, kardiofeskuler.

Asam lemak omega 3 yang ada pada ikan ternyata telah terbukti dapat membantu kesehatan jantung, vena dan ateri, sebagai sistem pembentuk kardiofeskuler.

Study para ahli dari Harvard School of Public, mengungkapkan, dengan makan dua porsi ikan dalam seminggu, dapat mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung, tiga kali lipat.

Minyak ikan sangat berguna untuk menaikkan tekanan darah, tetapi kalau masalah pencegahan belum terbukti. Menurut penelitian di University of Georgia, konsumsi kapsul minyak ikan, diikuti dengan berolahraga, itu sangat efektif menurunkan lebih banyak lemak, jadi pada olahraga tetapi tanpa asupan suplemen minyak ikan.

Asam lemak omega 3 pada ikan dapat membantu meningkatkan fungsi otak anda. Asupan omega 3 dapat membantu meningkatkan fokus mental pada anak-anak, juga orang dewasa.

Para peneliti menemukan manfa'at asam lemak omega 3 pada ikan, dalam meningkatkan perkembangan otak bayi dan juga anak-anak.

Karena dapat melawan degeneralisasi makula, glukoma dan syndrom mata kering, ikan sangat baik dalam memperbaiki penglihatan.

Menurut penelitian dari Journal of Britysh Research, asam lemak omega 3 EPA yang terdapat pada ikan ternyata dapat mencegah keriput dan juga menunda penuaan. Selain itu juga dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu juga masih banyak manfa'at lain yang positif yang bisa di dapat dari ikan.

Ada banyak jenis ikan laut yang bisa dimakan, yang pertama adalah ikan tenggiri.


5dba51fccc9a2c04fa0738b4.jpeg
Source

Ikan ini mempunyai tekstur yang mirip dengan ikan tongkol. Biasanya ikan ini sering digunakan sebagai olahan somay, pempek, dan juga kerupuk.

Ikan kakap merah


harga-ikan-kakap-merah.jpg
Source

Ikan ini menjadi favorit para chef. Selain rasanya yang enak, kakap merah juga mudah dicampur dengan berbagai macam bumbu.

Ikan Tongkol


7620c364b8b486676bd6950e13db5600.jpeg
Source

Ikan ini pun juga banyak disukai oleh masyarakat, karena memiliki daging yang tebal, serta hampir tidak mempunyai duri di dagingnya.

Ikan Teri


batch-upload_4fa0a90f-cb64-4f80-9426-5fe4cc2e9d36.jpg.webp
Source

Meskipun ukurannya kecil, teri banyak mengandung kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Ikan Peda.


37a99bd07520ac736d795d5e8dcf5c59.jpeg
Source

Ikan peda, atau ikan kembung. Rasanya hampir mirip dengan ikan bawal, tetapi halus dan memiliki duri yang lebih sedikit.

Dan masih banyak lagi ikan-ikan air laut yang dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Selain ikan air laut, ada juga ikan air tawar, yang suka dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Apa saja itu?

Ikan Gurame.


medium_8d0fcad7ae64c418549c83b163890a3a.png
Source

Ikan air tawar yang satu ini memiliki daging yang padat, durinya benar-benar, dan rasanya enak.

Ikan Nila.


budidaya-ikan-nila-merah-super.jpg
Source

Ikan ini merupakan sumber hewani yang murah bagi konsumsi manusia, karena harga jualnya yang cukup rendah.

Ikan Mas


e69fa9da-70dc-4d94-9f87-4cad166e74f6_169.jpeg
Source

Peminat ikan asal China ini cukup banyak. Jenis ikan ini memiliki daging lunak, dan rasanya juga gurih,

Ikan Lele.


jenis-jenis-ikan-lele.jpg
Source

Ikan berkumis ini juga baik untuk jantung. Kebanyakan ikan lele yang dijual di pasar adalah ikan lele jenis Clarias Loiacanthus,karena memiliki banyak daging.

Nah, gimana informasi saya tadi, semoga bermanfa'at ya?

Sampai jumpa lagi.

By @midiagam

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!