The Diary Game (August 16, 2020) - Day 16 : TegarsteemCreated with Sketch.

in hive-103393 •  5 months ago 

IMG_20200817_160738.jpg

Pagi ini saya kembali mencoba beraktivitas seperti biasa, bukan ingin melupakan musibah yang baru saja menimpa keluarga kami, tapi ingin segera move on agar tidak terlalu lama dan terlalu dalam larut dalam duka. Saya yang merupakan ujung tombak dalam keluarga saat ini harus mengambil peran sebagai pengayom, mencoba tegar di depan anggota keluarga lainnya.

Saya selalu menghibur istri saya, ibu mertua saya, dan adik-adik ipar saya. Sehingga di pagi ini setelah kembali dari masjid menunaikan sholat Subuh, saya kembali mengajak istri saya untuk berjalan kaki mengelilingi pedesaan. Melihat pemandangan persawahan yang merupakan rute yang paling sering kami tempuh saat berjalan kaki di waktu pagi. Sambil berjalan kaki saya mengungkit memori-memori indah yang telah kami lalui sejak pertama sekali menikah di tahun 2010.

IMG_20200817_203316.jpg
Jalan yang kami lewati saat berjalan kaki di pagi ini

Semua itu saya lakukan dengan tujuan hanya satu, ingin menghadirkan kembali senyuman manis di bibirnya, sebuah senyuman yang membuat aku selalu jatuh cinta kepadanya. Sebuah senyuman yang akan mengikis duka di persada hatinya. Aku tahu, kekonyolan, spontanitas, dan kejenakaan tingkah ku di hadapannya akan membuat dia kembali tersenyum. Dan itu sukses ku lakukan. Sepanjang kami berjalan kaki mengelilingi pedesaan selama satu jam, senyuman manis selalu hadir di bibirnya melihat tingkah ku dan mendengar guyonan ku. Pagi ini aku berhasil membuat matahari ku bersinar kembali di wajahnya.

Setelah tiba kembali di rumah sekitar pukul 08.30 dari berjalan kaki di pagi ini, salah satu keponakan saya merengek meminta saya untuk membeli robot mainan untuknya. Sayapun mengajak dia ke Kota Meureudu untuk membeli robot mainan tersebut, kami pergi ke sana dengan menggunakan mobil, kemudian saya singgah di salah satu toko yang menjual mainan untuk anak-anak. Toko tersebut bernama "Berkah" yang terletak di jalan Iskandar Muda Kota Meureudu, di sini saya membeli robot mainan dengan merek "Super Power Robot" yang di jual dengan harga 30.000 rupiah (8 STEEM). Setelah berbelanja robot mainan tersebut, saya segera pulang ke rumah bersama keponakan saya tersebut.

IMG_20200817_203142.jpg
Mainan robot untuk keponakan saya

Tiba di rumah para tamu sudah mulai berdatangan silih berganti, jam sudah menunjukkan pukul 9 pagi. Saya segera menyalami tamu satu per satu dan kemudian masuk ke dalam rumah untuk mandi dan berganti pakaian. Sekitar 30 menit kemudian saya sudah di depan rumah menyambut para tamu yang datang ke rumah untuk bertakziah (berbelasungkawa). Saya melayani tamu sampai menjelang waktu sholat Zhuhur atau sekitar pukul 12.40 siang.

Kemudian saya menuju ke masjid untuk menunaikan sholat Zhuhur. Setelah selesai menunaikan sholat Zhuhur, saya di hubungi oleh beberapa teman saya. Saya menuju ke Warung kopi "Terminaltor" yang terletak di kompleks terminal bus Pidie Jaya atau tepatnya di jalan Banda Aceh - Medan, desa Meunasah Bie, Kecamatan Meurah Dua, Kabupaten Pidie Jaya (Aceh, Indonesia).

IMG_20200806_104958.jpg
Masjid yang dekat dengan rumah tempat saya sholat Zhuhur

Tiba di warung kopi tersebut sekitar pukul 13.30 siang, teman-teman saya sudah menunggu kedatangannya saya, rupanya mereka ingin mengajak saya untuk berpartner dalam mendirikan sebuah perusahaan di bidang percetakan. Dengan halus saya menolak ajakan tersebut karena saya tidak tertarik. Dari raut wajah mereka mencerminkan kekecewaan, tapi saya tetap menolak dengan halus dengan berbagai alasan yang saya kemukakan.

IMG_20200817_203251.jpg
Warung kopi "Terminaltor" tempat saya bertemu dengan teman-teman

Sekitar pukul 2 siang saya sudah kembali ke rumah, saat tiba di rumah, ada rombongan tamu yang datang dari Aceh Tamiang tepatnya Tualang Cut. Di antara rombongan tersebut ada yang menarik perhatian saya, dia adalah Ismet Sofyan, seorang pemain sepakbola yang sangat terkenal di Indonesia yang berasal dari Aceh. Dia merupakan mantan pemain tim nasional Indonesia dan saat ini memperkuat tim Persija yang merupakan tim sepak bola asal Jakarta (Ibu kota Indonesia). Ismet Sofyan merupakan sepupu istri saya, saya tidak menyangka dalam rombongan tersebut ada dia, karena seharusnya dia masih di Jakarta untuk memulai latihan dalam persiapan kompetisi Liga Indonesia.

IMG_20200817_203232.jpg
Ismet Sofyan (4 dari kanan) yang berkunjung ke rumah saya untuk ikut berbelasungkawa

Setelah berbincang-bincang banyak hal termasuk kenangan waktu masih kecil, kami akhirnya mengambil foto bersama. Rombongan ini hanya sekitar 2 jam di rumah kami dan selanjutnya mereka pamit untuk kembali ke Aceh Tamiang. Hari ini para tamu yang datang ke rumah lebih ramai dibandingkan hari kemarin. Sehingga kami sedikit kewalahan dalam melayani mereka.

IMG_20200817_203211.jpg
Beberapa tamu yang datang ke rumah untuk turut berbelasungkawa

Sampai sore hari saya masih disibukkan dengan melayani para tamu yang datang silih berganti. Saya baru memiliki waktu untuk istirahat sekitar pukul 6 sore, tapi tidak lama setelah itu sudah tiba waktunya sholat Maghrib dan saya menunaikan sholat Maghrib di masjid terdekat dengan rumah. Di malam hari para tamu yang datang juga semakin ramai, rata-rata kaum lelaki. Sampai pukul 11 malam kami masih melayani tamu. Dan sekitar pukul 12 dini hari saya baru beristirahat dan tidur.

Info:

Saya dan tim mengadakan kontes fotografi dalam The Diary Game, anda dapat mengunjungi link berikut ini untuk info lebih detail tentang kontes.
https://steemit.com/hive-103393/@steem.sea/steem-sea-community-contest-part-2-photography-in-the-diary-game

Kami bergabung dalam tim Aceh-Indonesia yang terdiri dari saya sendiri sebagai leader, @muzack1, @ernaerningsih, @lord-geraldi dan @p3d1.


Ingin tahu tentang saya? Klik disini


Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Saya ikut belasungkawa, semoga almarhum menjadi penghuni syurga, serta diberikan ketabahan bagi yang ditinggal. Aamiiin...

#onepercent
#indonesia

Aamiin, terima kasih bang @radjasalman

Semoga tetap kuat ya pak.
Benar seperti yang anda katakan, bukan untuk melupakan, tapi ada banyak kehidupan yang harus di teruskan.

Dan selamat juga untuk keutuhan rumah tangga anda yang berjalan 10 tahun, semoga ridha Allah selalu menyertai keluarga anda.

Salam belasungkawa dari saya @tiazakaria

Terima kasih @tiazakaria atas belasungkawanya, saya sangat mengapresiasi. Rumah tangga adalah ladang ibadah bagi kita, jadi sudah seharusnya kita selalu menjaganya.

Masha Allah, Tabarakallah pak

Cerita menarik, walaupun jarak yang jauh seorang pemain Aceh yang sudah menjadi pemain sepak bola nasional Indonesia mau menyempatkan bersilaturahmi. Salut. Bravo timnas....

#onepercent
#indonesia

Kebetulan beliau sedang berada di Aceh (Tualang Cut), dan minggu depan akan kembali ke Jakarta untuk mengikuti latihan persiapan lanjutan Liga Indonesia

Waaah, mantap kali bang @anroja. 👍

😀😀😀😀

Congratulations, your post has been upvoted by @dsc-r2cornell, which is the curating account for @R2cornell's Discord Community.

Manually curated by @jasonmunapasee

r2cornell_curation_banner.png

Semoga keluarga cukup tabah dan tegar. Saya ikut berdukacita, hari-hari yang berat tentunya buatmu bang @anroja namun saya yakin dibalik itu semua banyak berkah dan hikmah lainnya

#onepercent
#indonesia

Terima kasih @mohgade, saya sangat mengapresiasinya.

Meski dalam suasana berduka, tapi masih bisa membagi waktu dan berbagi ceritanya dengan kami. Ini yang saya salut dari sosok leader @anroja. Gambar yang ditampilkan juga sangat menarik dan berkualitas, senang lihatnya. Saya terkesima saat melihat gambar Mesjid, dan pemandangan disekitar sawah. Tehnik pengambilan gambarnya patut di acungi jempol.

Wonder picture 👍👍👍

Tapi saya belum sepenuhnya bisa aktif, belum bisa menyapa semua steemian Indonesia yang berpartisipasi di The Diary game lewat komentar. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini akan kembali normal. Terima kasih atas dukungan @midiagam

Saya yakin semua anggota tim dapat memakluminya.

Salam kompak selalu 😊

Aamiin...Terima kasih.

Sama-sama 😊

keponakan @anroja sangat cute! dia tampak menikmati dengan mainan robotnya

Iya, dia sangat imut, itu ekspresi karena saya memfotonya, dia tidak suka saya foto...hehehe

anak-anak memang seperti itu, malu saat ingin berfoto..hehe..

Sangat inspirasi ceritanya, saat kita ditimpa sebuah musibah kita harus tetap dalam menghadapinya, dan tentunya kita tidak perlu berlarut dalam musibah tersebut, tetapi kita harus selalu menjadikan musibah tersebut sebagai sebuah pembelajaran. Sabar adalah inti untuk keluar dari permasalahan.

#onepercent
#indonesia

Itu nasihat yang sangat bijak bang @muzack1, saya sangat mengapresiasinya. Terima kasih bang.

Ismed slu menjdi salah satu pemain pavorit saya... :)

Dengan adanya kunjungan dri sanak keluarga insya Allah lebih memberi keluarga duka ketabahan...

Aamiin... Tanpa melupakannya, kita harus move on untuk melanjutkan hidup.

Share ke Twitter:

IMG_20200818_083039.jpg

Thank you for taking part in The Diary Game on Steem.

Keep following @steemitblog for the latest updates.

The Steemit Team

Ikut belasungkawa bg @anroja, semoga menjadi penghuni Jannah

#onepercent
#indonesia

Aamiin, Terima kasih bang @steemadi

  ·  5 months ago (edited)

@anroja saya turut berdukacita, saya yakin anda orang yang kuat dengan cobaan yang anda hadapi sekarang. Anda memiliki sedikit waktu, tetapi anda mengunakan dengan sangat baik akhir-akhir ini, seolah tidak ada kejadian apa-apa yang menimpa anda. Anda sangat profesional dalam hidup dan kerja.
Senang bisa milihat anda kembali.

#onepercent
#indonesia

  ·  5 months ago (edited)

Terima kasih @nazarul, saya sangat mengapresiasi semangat yang anda berikan, tapi saya minta maaf mungkin dalam masa berkabung ini saya kurang berkontribusi di sini dalam menyapa anda semua.

Saya beberapa hari ini jarang sekali membuka beranda steemit, oleh sebab itu saya begitu ketinggalan membaca postingan anda.

Saya ikut belesungkawa, semoga almarhum di tempat di sisinya. Saya sangat senang melihat anda yang sangat tegar menghadapi musibah ini, anda memang seperti stoper di dalam permainan sepak bola, yang menjadi jantung pertahanan tim.

#onepercent
#indonesia

Terima kasih atas dukungan dan semangat anda kawan, saya sangat mengapresiasinya.