Tips BerbelanjasteemCreated with Sketch.

in hive-103393 •  2 months ago 

shopaholic_20181005_144050.jpg


Sumber gambar

Berbelanja ? Siapa coba yang tak suka dengan kegiatan berbelanja. Menurut beberapa masyarakat, berbelanja memang menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Dari mulai berbelanja kebutuhan rumah tangga, sampai kebutuhan pribadi seperti belanja pakaian. Apalagi sekarang makin banyak model-model pakaian yang muncul, yang membuat kita kadang-kadang ingin terus berbelanja.

Berbicara soal belanja, pastinya sebagian dari sahabat Steemian, menjadikan hal ini salah satu kegiatan yang wajib dilakukan menjelang gajian kan ? Apalagi pada saat menjelang gajian, banyak gerai-gerai fashion yang menawarkan diskon besar-besaran.



6-tips-buat-belanja-cerdas-tanpa-kalap.jpg
Sumber
gambar

Mendengar kata diskon, kita jangan terlena dulu. Kita harus mengetahui dengan cermat apa itu diskon, atau sale. Lalu sebenarnya apa sih sale itu ?

"Sale sebetulnya juga ada yang bisa menguntungkan kita, contohnya membJanganarang 1 atau 2, kemudian gratis satu. Itu sebetulnya karena diskon 30%. Sedangkan kalau tipe sale yang langsung, itu sebetulnya kita harus melihat harga awalnya dinaikkan atau tidak. Nah kalau ternyata dinaikkan, apakah setelah itu diskon memang lebih turun dari sebelumnya. Nah sebetulnya kita harus berhati-hati itu adalah, sale yang terjadi kalau misalnya kita mendapatkan reward atau poin, itu harus dipotong untuk bisa mendapatkan diskon. Jadi pastikan kalau kita menggunakan poin reward yang kita punya, itu memang di toko-toko yang hanya butuh poin sedikit untuk mendapatkan diskon yang banyak."

Itu dia sahabat Steemian, kita harus tau dulu ya informasi mengenai sale yang lumayan menggiurkan. Jangan sampai karena terlalu terlena berbelanja, sering sekali tanpa disadari uang yang kita keluarkan habis di luar rencana. Baik penghasilan pokok, atau penghasilan tambahan.

Dalam Islam sebenarnya tidak pernah melarang seseorang untuk berbelanja. Namun dengan catatan, berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Dan kita harus bisa mengatur pengeluaran kita, tau mana yang benar-benar perlu dan mana yang tidak.

Selain bisa memanage keuangan menyambut gajian, ada juga ini tips yang mungkin bisa anda ikuti. Seperti apa ?

  • Tips yang pertama, sebelum melakukan kegiatan berbelanja, baik secara online, maupun mengunjungi pusat perbelanjaan, lakukanlah penyortiran atas barang-barang yang sudah sahabat Steemian miliki di dalam lemari pakaian.

  • Tips kedua, tepatlah memilih waktu berbelanja. Biasanya di Minggu terakhir gerai-gerai fashion di perbelanjaan, bersaing memberi harga secara besar-besaran.

  • Tips berikutnya, sekalipun banyak gerai fashion yang menawarkan diskon, kita harus cermat dalam menyikapinya, karena tidak semua sale ditawarkan memang benar dengan potongan harga. Alih-alih mendapatkan barang dengan kualitas baik dan harga yang miring, ternyata anda tetap membelinya dengan harga jual yang sebenarnya, bukan harga diskon.

  • Dan tips terakhir, bijaklah dalam berbelanja. Kita harus bisa mengontrol diri. Agar tetap dapat mengalokasikan uang belanja dengan tepat dan tidak menjadi boros, karena membeli banyak barang yang tidak sesuai dengan fungsi dan manfa'at yang kita butuhkan, termasuk sifat mubazir dan berlebihan. Hal ini sesuai dengan ayat Alqur'an ayat Al- A'Rof yang berbunyi:

"Makan dan minumlah kalian, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah SWT, tidak menyukai orang-orang yang berlebihan." [QS. Al A'Rof :31]

Sekarang sudah tau kan tips berbelanja menjelang gajian ? Semoga dapat membantu sahabat Steemian dalam memanage pengeluaran. Dan, sekalipun pengeluaran membengkak karena banyaknya alokasi dana yang terbagi, tetap sisihkan pengeluaran tersendiri untuk Infaq, Zakat, dan Sedekah.

Tetap jangan lupa untuk berbagi terhadap sesama.

Terimakasih sudah membaca postingan saya.

Sukses untuk kita semua

@fackrurrazi

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Beware this is a fake account of @midiagam