KASIH SAYANG RASULULLAH SAW

in hive-105209 •  last month 

7459EE81-886D-4333-BAFF-F3CF0F8FAB15.jpeg
https://pixabay.com/

Surat At-taubah diakhiri dengan menyebutkan sifat Nabi yang penuh kasih sayang kepada umatnya, sementara isi surat At-taubah sendiri banyak mengandung pembebanan hukum yang berat seperti perintah berjihad. Lalu timbul satu pertanyaan,

Bagaimana mungkin Nabi Saw disifati dengan sosok yang penuh penyayang, sementara risalahnya mengandung pembebanan hukum yang memberatkan?

Imam Ar-Razi dalam karyanya Tafsir Al-Kabir mengumpamakan Nabi bagaikan dokter yang baik dan sosok Ayah penyayang. Dokter yang baik akan tetap memberikan obat yang pahit kepada pasiennya karena tau dibalik kepahitan itu terdapat obat yang menyembuhkan. Begitu juga dengan Ayah yang penyayang, Ia akan membatasi anaknya dalam banyak hal, memberi ta'dib ketika salah, itu semua dilakukan untuk mengharapkan kebaikan kepada anaknya walau sekilas terlihat kebalikannya.

Begitulah Rasulullah Saw, beliau tetap menyampaikan risalahnya walau sekilas terlihat membebankan, Karena beliau Saw tau dibalik risalah itu akan menyelamatkan umatnya dari kesengsaraan abadi dan azab neraka.

Sekian semoga bermamfaat bagi steemian semua
20210602_110118.png

Best Regard @joel0

20210602_110143.png

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Kisah yang menginspirasi @joel0. Terima kasih sudah membagi inspirasi di #SteemLiteracy. Salam kreatif.

Terimakasih atas responnya🙏. Insya Allah ini bukan yang terakhir.