Jangan Sepelekan Kesemutan

in hive-105209 •  2 months ago 

IMG_20210725_082542.jpg


Kesemutan, rasanya tidak nyaman dan mengganggu. Seperti pegal, agak menusuk-nusuk, bahkan terasa lumpuh.

Kesemutan atau bahasa medisnya parestesia. Jadi ketika adanya gangguan atau kerusakan pada saraf yang terlibat.

Rasa kesemutan bisa menyerang tangan, kaki, ataupun seluruh bagian tubuh. Gangguan saraf ini terjadi karena kekurangan vitamin neurotropik, seperti vitamin B1, B6, dan B12.

PERNAH MENGALAMI KESEMUTAN ? PALING SERING KESEMUTAN DIMANA ?

Kalau saya pernah. Biasanya kalau lagi duduk habis acara, duduknya sila gitu. Kesemutannya itu di bagian kaki.

RASANYA KESEMUTAN SEPERTI APA ?

Ya, kayak dicubit-cubit gitu, kram-kram, nyeri-nyeri, geli-geli, sampai gak bisa jalan gitu kakinya gak bisa jalan.

Meski mudah diatasi, jangan sepelekan kesemutan ya. Karena kesemutan bisa saja disebabkan oleh penyakit yang bersifat sistemik. Diantaranya penyakit ginja atau hati, kerusakan pembuluh darah, amiloidosis, diabetes, bahkan kelainan bawaan.

Kalau sobat steem literacy, sering mengalami kesemutan dibagian mana ? Bagi anda yang sering kesemutan boleh nanya, karena saya akan membahasnya hari ini.



IMG_20210725_082443.jpg

Jadi pertama, sebenarnya kesemutan itu apa sih ?

Kesemutan itukan adalah gangguan pada saraf sensorik yang menyebabkan suatu sensasi tertentu. Sensasinya seperti digigit semut mungkin ya, makanya namanya kesemutan. Sebenarnya di kedokteran itu dikenal dengan nama parasitek.

Nah, terus apakah ada hubungan dengan pembuluh darah tadi ? Sebenarnya apapun yang membuat gangguan pada saraf, baik gangguan dari pembuluh darahnya, baik langsung sama sendiri, itu akan membuat sensasi-sensasi yang muncul. Salah satunya kesemutan tadi itu.

Sebenarnya kesemutan itu ada kesemutan yang biasa saja, dalam artian misalnya bukan disebabkan oleh latar belakang penyakit tertentu, karena posisi yang tadi ada yang bilang kalau saya duduk bersila, gitu kan. Nah itu ditandai dengan begitu posisinya dirubah, dia akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa detik saja.



IMG_20210725_082431.jpg

Artinya, tekanan dibagian pembuluh darah saraf tersebut, atau yang menekan langsung di sarafnya, itu akan hilang dengan sendirinya.

Nah, kalau kesemutan yang karena penyakit berbahaya itu, biasanya itu tidak hilang dalam waktu beberapa detik saja, dan tidak hanya kesemutan biasanya gejalanya. Ada juga yang hanya kesemutan saja, tapi cenderung biasanya disertai dengan gejala-gejala lain. Misalnya pada pasien stroke, kesemutan disertai dengan kelumpuhan.

Jadi pokoknya intinya dari pembahasan saya tadi kita harus aware, jangan anggap ini sebagai angin lalu saja, karena mungkin bisa menjadi indikasi dari penyakit-penyakit yang lebih berbahaya.

Intinya apapun gangguan pada saraf tadi, bisa memicu munculnya kesemutan. Dan kesemutan itu munculnya bukan hanya di anggota tubuh tertentu, tapi seluruh tubuh juga bisa. Dan bisa itu jadi nanti sangat serius, berarti kita harus kembali aware dengan apa yang dirasakan oleh tubuh kita ya.

Oke, moga-moga ada manfa'at yang didapat.

Salam kompak selalu.

By @midiagam

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Itulah bedanya manusia dengan semua @midiagam. Manusia bisa kesemutan, tapi semut tidak bisa kemanusiaan, hehehehe....

Jangan serius kali. Khem bacut.....

Hahaa

Ini yang saya suka. Bit-bit teu khem long 😂

Kalau serius suasana malah jadi kaku, bang Ayi, ternyata orangnya humoris

thank u infonya

Sama-sama teh @ranesa70 😊