Jurnalis

in hive-122035 •  last month 

03032012134611.jpg


Source

Jurnalis itu adalah orang yang mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menyampaikan berita. Maka berita yang dikumpulkan dan di olah itu muncul di televisi. Jadi tergantung dari medium atau tempat kita mengekspresikan hasil karya kita.

Tapi pada prinsipnya jurnalis atau wartawan adalah orang yang datang mencari, mengumpulkan, memverifikasi berita, kemudian menyampaikannya ke publik.

Pada prinsipnya untuk jadi jurnalis atau jadi wartawan itu semua orang bisa, asal punya keinginan dan juga punya kemampuan dasar jadi jurnalis.

Jadi, kalau adik-adik hobinya mencari tau sesuatu hal yang baru, atau hobinya kenalan dengan orang baru. Ingin tau sesuatu secara langsung, mau lihat sesuatu. Jadi yang penting itu mengasah keingin tahuan.

Kalau misalnya melihat suatu peristiwa, atau melihat suatu kejadian tidak otomatis, kemudian percaya begitu saja, tapi mencari tau. Kenapa sih seperti ini, siapa yang membuat. Rasa ingin tau itu sesungguhnya dasar yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis.



antara-wartawan-zaman-dulu-dan-sekarang-apa-bedanya-fdIFDLkScb.jpg
Source

Ada perumpamaan yang bilang bahwa jurnalis itu ahli di semua hal, meski sedikit-sedikit. Karena mungkin saja kita sekarang akan meliput olah, kemarin misalnya sepakbola Indonesia lawan Malaysia. Atau tiba-tiba ada peristiwa di luar negeri, kita diharuskan meliput keluar negeri. Jadi, wartawan yang baik itu wartawan yang selalu punya rasa ingin tau yang tinggi. Selalu mau belajar, selalu rajin membaca. Karena itu akan jadi bekal untuk pengetahuan kita ketika harus meliput atau mengkaver peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekeliling kita.

Kalau tipsnya, yang pertama seperti yang tadi saya bilang, selalu mau belajar.

Yang kedua, tidak cepat puas dan selalu mau mencari tau.

Jadi kalau meliput sesuatu, selalu ada rasa skeptis. Kalau kita puas dengan apapun yang kita temui di lapangan misalnya, itu kita mungkin saja tidak menemukan titik pangkal persoalan. Jadi, selalu mau tau, selalu kritis.

Kemudian juga harus mau kenal dengan banyak orang. Karena wartawan itu harta, atau kekayaan terbesar wartawan itu sesungguhnya networknya atau jejaringnya. Jadi harus selalu mau bergaul, harus rajin bergaul, tidak pilih-pilih bergaul dengan siapa. Karena sekeling kita hampir semua orang punya cerita yang menarik untuk kemudian disampaikan ke publik.

Wartawan yang baik adalah wartawan yang bisa memilah dan juga memastikan informasi yang kita dapat itu informasi yang betul-betul kredibel, betul-betul teliti. Karena kalau kemudian kita menyampaikan berita itu dan ternyata berita itu salah, itu malah bisa membawa dampak buruk. Mempengaruhi kredibilitas, kemudian orang jadi tidak percaya dengan berita yang kita sampaikan, otomatis. Jadi harus teliti dan mencari apa sebenarnya akar permasalahan yang kita liput.

Semoga bermanfa'at.

By @midiagam

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!