Fakta Dibalik Makanan Pedas, Dan Kandungan Dalam Cabai

in hive-193186 •  2 months ago 

Halo ! Selamat malam sahabat @wherein, apa kabar anda semua, semoga selalu dalam keadaan sehat jiwa dan raga. Kali ini saya akan membahas seputar makanan pedas dan cabai, soalnya saya penggemar makanan pedas.

Memang sih rata-rata pecinta rasa pedas, kebanyakan kaum laki-laki. Pokoknya kalau nggak pedas, nggak nendang. Jadi penasaran ya, sebenarnya berapa besar sih daya tahan manusia dalam mengkonsumsi khususnya cabai ?

"Jadi sebenarnya belum ada patokannya resmi, atau pasti, berapa banyak cabe yang bisa dikonsumsi atau ditoleren oleh manusia. Biasanya semakin kita terbiasa makan cabe, maka kita itu akan bisa lebih toleren, atau ambang batasnya lebih tinggi lagi. Biasanya kalau orang diberikan cabai, antara satu orang dengan terbiasa makan cabai, dengan orang yang tidak terbiasa, biasanya mereka akan lebih tahan ya, merasakan tidak pedas."

Jadi, nggak ada batasnya. Artinya kita boleh makan banyak cabai sesuai kesukaan kita. Namun, tetap pastikan tidak mengkonsumsi cabai, atau makanan yang terlalu pedas saat lambung masih kosong ya.

Nah, saya punya rahasia nih supaya makan tidak kepedasan, mau tau nggak, aku udah myiapin ini segelas susu. Nah, susu ini bisa menangkal rasa pedas.

Benaran nih, mengatasi rasa pedas ternyata bukan dengan air dingin, namun dengan susu. Masa sih ? Iya lho, saya benar-benar membuktikannya. Rasa pedas bisa hilang setelah minum susu.
"Jadi kalau misalnya kita makan terlalu merasa terlalu pedas. Biasanya kita cenderung untuk minum air dingin, karena air dingin itu sendiri sebenarnya sifatnya untuk membuat lidah kita menjadi tebal atau tahan, sehingga rasa pedas itu akan berkurang. Tetapi sifatnya adalah bersifat untuk sementara saja, karena begitu rasa dinginnya hilang, rasa pedasnya akan kembali lagi. Yang paling efektif sebenarnya adalah dengan mengkonsumsi susu. Terutama yang susunya hold milk, bukan low fat, atau yang lain. Karena lemak itu sifatnya bersifat dengan anti pedas tadi."

Oh iya, saya sendiri sangat suka dengan makanan pedas. Apapun makanannya harus ada cabai, atau sambalnya. Enggak pedas, nggak asik. Dari masih kecil saya memang suka makan yang pedas. Ya, jadi lama kelamaan suka banget, sampai yang tadinya biasa saja, kalau makan tambah sambal, tambah cabe. Pokoknya, nggak bisa sambalnya cuma sedikit.

Setiap makan, biasanya saya menyendokkan lima sendok makan sambal, pokoknya harus pedas. Keluarga terdekat kadang suka ikut was was melihat kebiasaan saya, karena mereka menganggap melewati batas kewajaran.

"Saya sering diomelin gara-gara sakit perut. Tapi ya tetap saja makan terus."

Capcaisin pada cabai adalah senyawa yang paling membedakan cabai dengan tanaman lain. Capcaisin berfungsi sebagai anti inflamasi, bakteri dan anti jamur. Cabe juga mengandung vitamin C dan E, yang berfungsi membentuk antioksidan yang penting untuk mencegah penyakit jantung.

Penelitian menunjukkan, orang yang makan cabe enam kali seminggu, memiliki resiko lebih rendah empat belas kali lipat terkena serangan jantung, dibandingkan orang yang tidak makan cabe sama sekali.

Wooww, luar biasa si cabe ini.

Tapi ada anggapan lho, kalau banyak mengkonsumsi cabai, akan menyebabkan sakit maag, dan usus buntu.

Benar nggak sih ?

"Jadi, di lambung sendiri yang seperti di bilang menimbulkan gas kritis, kemudian diare, atau sebaliknya. Itu capcaisin itu dalam lambung itu justru memproteksi glukosa dari sel pecerna. Sehingga dia lebih tidak rawan terhadap gangguan pencernaan. Kemudian dia juga merangsang terbentuknya basah dalam lambung dan juga menurunkan asam lambung, sehingga akan mencegah terjadinya gas eduktif. Malah ditunjukkan orang-orang yang berpenyakit sel cerna, seperti adanya gas inflamasi dalam pencerna, jika mereka rutin mencerna cabai, itu dapat menurunkan keluhan atau gejala-gejalanya."

Mendapatkan khasiat cabe, tidak cuma lewat cara dikonsumsi saja. Soalnya dibalik pedasnya, cabe juga bermanfa'at sebagai pemijatan. Nah, banyak sekali kan manfa'at dariv si cabe.

Demikian informasi saya hari ini seputar makanan pedas dan juga cabe. Moga-moga ada manfa'at yang di dapat.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mampir ke blog sederhana saya.

Sampai jumpa lagi.

By @midiagam

[WhereIn Android] (http://www.wherein.io)

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Selamat !!

Postingan Anda Terpilih Untuk Mendapatkan Kurasi Dari WhereIn, Terimakasih Sudah Menggunakan Tag #wherein-id Dan Tetap Semangat !

Postingan Ini Di Kurasi Manual Oleh : @victoria-bella

Salam,
Komunitas WhereIn Indonesia

[WhereIn Android] (http://www.wherein.io)

Terima kasih @wherein-id

Terima kasih @victoria-bella

Salam kompak selalu 😊

[WhereIn Android] (http://www.wherein.io)

This post has been rewarded by the Steem Community Curation Project #wherein

(#`O′)你试试看不回复我,看我明天还点赞你吗?

Ha recibido un voto a favor de la comunidad WHEREIN, impulsada por STEEMIT INC. Gracias por usar WHEREIN

Terimakasih Sudah Menggunakan WhereIn, Postingan Anda Terpilih Untuk Mendapatkan Upvote Dari WhereIn Dan Di Dukung Oleh Steemit.inc !

Thank you so much @whereIN