Jambu Biji Yang Lezat Dan Berkhasiat

in hive-193186 •  2 months ago 

Jambu biji merupakan anggota keluarga pitasea, atau jambu-jambuan. Di pasar Internasional sebutan populernya sidyum guajava. Di nusantara, buah tropis ini umumnya ada banyak nama, diantaranya jambu biji, jambu siki, jambu batu, dan jambu klutuk.
Kampung halamannya dari Brazil.

Jambu biji tersebar ke Indonesa melalui Thailand. Iklim, cuaca dan udara yang sesuai, membuat tanaman dengan mudah berkembang biak dimana-mana.

Tak kenal musim dan mudah perawatannya, menjadi keuntungan bertani komuditas jambu biji.

Teknik berkebun jambu juga relatif sederhana. Kunci keberhasilan tak lain pengalaman dan ketelatenan. Budidaya bisa dimulai dari proses cangkok.

Caranya, meletakkan tanaman muda pada sebuah polibet. Pemindahan ke lahan berlangsung saat akan kuat, atau tanaman sudah berusia sekitar 4 bulan. Tinggi pohon dewasa rata-rata 3-4 meter.

Perawatan berupa pemberian pupuk kandang tiga bulan sekali. Tak perlu penyiraman, kecuali panasnya musim kemarau sedang menerpa.

Tangkal-tangkal jambu biji mulai bersemi pada usia sekitar 8 bulan. Masa bunga hingga siap panen seperti inilah yang harus banyak dapat perhatian, karena bunga harum dan buah ranumnya memikat sejumlah hama. Kutu, ulat, dan kelelawar baru sebagian diantaranya.

Langkah antisipasi berupa pengawasan rutin, hingga pembungkus buah seperti ini.

Tanaman produktif hingga berusia 15 tahun. Pemetikan buah berlangsung sepekan sekali. Enaknya makan buah jambu langsung dari pohonnya, buahnya masih segar sekali, terus empuk, enggak keras, apalagi rasanya lebih manis.

Saya sudah lama mengonsumsi buah ini. Disamping di jus segar enak, alami, terus inikan untuk mengurangi penyakit pembuluh darah.

Yaapp ! Lezat dan berkhasiat. Mengandung anti virus dan amtringat, sejak lama daun dan buahnya jadi obat. Kaya vitamin, antioksidan dan serat.

Konsumsi rutin, baik bagi yang jalani gaya hidup sehat. Untuk meneguk kesegaran terbaiknya tak perlu letakkan jambu biji di lemari pendingin. Cukup simpan dtempat terbuka dan sejuk.

Terimakasih sudah membaca, moga-moga ada manfa'at yang didapat.

Salam kompak selalu, sukses untuk kita semua.

By @midiagam

[WhereIn Android] (http://www.wherein.io)

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

This post has been rewarded by the Steem Community Curation Project #wherein

昨天明明把手机放在桌上,今天又找不到了 ( ˘︹˘ )
咦?你是谁?我又是谁?
加入我们微信群没?还没的话赶快加我们瓜子老板。很帅的 iguozi <(^,^)>

Ha recibido un voto a favor de la comunidad WHEREIN, impulsada por STEEMIT INC. Gracias por usar WHEREIN

Terimakasih Sudah Menggunakan WhereIn, Postingan Anda Terpilih Untuk Mendapatkan Upvote Dari WhereIn Dan Di Dukung Oleh Steemit.inc !