Membangun Keharmonisan Rumah Tangga

in hive-193562 •  2 months ago 

IMG_20210803_094042.jpg


Membangun keharmonisan dalam sebuah rumah tangga bukanlah persoalan yang mudah. Namun Islam telah mengatur segalanya.

Dan apabila kita telah melakukannya, tentu keharmonisan bukanlah menjadi sebuah barang yang langka.

Kita dianjurkan hidup membina mahligai rumah tangga. Jadi disini saya ingin menyampaikan bagaimana seharusnya kita menjaga keharmonisan rumah tangga, agar rumah tangga yang kita arungi ini langgeng dunia dan sampai akhirat.

Harmonisasi dalam rumah tangga, Allah memberikan gambaran dalam ayat suci berbunyi, ini saya terjemahkan kedalam bahasa Indonesia.

"Kamu seorang perempuan adalah pakaian dari seorang laki-laki, dan sebaliknya, seorang laki-laki adalah pakaian dari seorang perempuan."

Ini adalah salah satu anjuran atau gambaran untuk bagaimana kita hidup harmonis antara laki-laki dan perempuan yang terbingkai dalam satu rumah tangga.



IMG_20210803_094021.jpg

Perempuan hendaknya menjadi pakaian bagi laki-laki. Fungsi dari pakaian itu sendiri adalah menutup aurat, menutup hal-hal yang tidak layak untuk dilihat.

Begitu juga gambaran dalam hal rumah tangga, hendaknya seorang pasangan saling menjadi pakaian untuk pasangan yang lain. Seorang laki-laki menjadi pakaian dari seorang perempuan, begitu juga perempuan menjadi pakaian dari laki-laki.

Ini berarti bahwa setiap manusia mempunyai kekurangan, baik dari suami, maupun istrinya. Sudah menjadi kenyataan bahwa kita ini banyak sekali diciptakan oleh Allah beragam. Mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga suami, istri. Ketika masuk dalam mahligai rumah tangga, ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hendaknya jadilah pakaian. Apapun yang menjadi kekurangan dari pasangan kita, kita dituntut sebisa mungkin kalau kita mampu menutupi satu dengan yang lain. Menutupi aib atau kekurangan satu dan kekurangan yang lain.

Mari kita mencoba untuk mengoreksi diri kita sebagai seorang istri atau suami, mungkin posisi kita atau kedudukan anda sebagai seorang istri, terkadang ada godaan-godaan yang menggelitik hati kita, karena rasa jengkel kita kepada suami anda. Akhirnya apa yang terjadi ? Si istri malah membeberkan aib-aib dari suami anda yang mestinya anda jaga rapat. Tapi malah diumbar, anda bicarakan dengan teman-teman anda. Dengan dalih mungkin anda curhat. Namun secara tidak sadar bahwa sebenarnya itu melanggar dari ajaran agama.

Diera yang moderenisasi seperti sekarang ini, komunikasi menjadi hal yang pertama yang harus dilakukan oleh suami, istri. Jangan ada hal yang ditutupi oleh istri, begitu juga sebaliknya, saling lah terbuka.

Bila ada suatu permasalahan dibicarakan baik-baik. Kalau toh itu suatu saat permasalahan itu butuh sesuatu permasalahan yang klimaks, kita butuh. Maka boleh kita minta bantuan keluarga atau bantuan orang ahli agama untuk membantu kita memecahkan masalah tersebut.

Rasul SAW, dalam mengarungi bahtera rumah tangga, juga tidak pernah, juga tidak luput dari cobaan-cobaan. Banyak sekali kisah-kisah, tentang bagaimana rumah tangga beliau. Rasulullah pernah terkena fitnah dalam keluarganya, itu juga terjadi. Namun Rasulullah selalu mengajak istrinya untuk berkomunikasi terlebih dahulu.

Jangan sekali-kali kita komunikasi memecahkan satu masalah dengan berbicara kepada orang lain. Karena pada dasarnya itu bukan memecahkan masalah, namun malah menimbulkan satu problem yang baru. Meski kita sadar, kita akui bahwa kia manusia biasa, terkadang hati kita sumpek, hati kita merasa tidak puas dengan pasangan. Banyaklah beristiqfar, minta petunjuk kepada Allah. Sekali lagi komunikasi baik antara pasangan. Karena menciptakan harmonisasi tidak boleh dilakukan hanya satu pasangan saja, satu orang saja. Namun komitmen antara suami, istri, anak dan dalam rumah tangga, itu sangat dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan agar kelak rumah tangga menjadi awet dunia sampai akhirat.

Demikianlah, apabila ada kekurangannya saya mohon ma'af.

Semoga bermanfa'at, salam kompak selalu.

By @midiagam

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!