Photowalking, Kegiatan yang Sehat dan Menyenangkan

in hive-193562 •  last month  (edited)

Sebuah pengalaman menyenangkan ketika saya jalan santai di sekitar kampung Ibu saya di Kecamatan Juli, Bireuen sembari mengambil sejumlah foto (photowalking). Saya memulai jalan santai dari jalan di samping rumah ibu. Saya memang sudah merencanakan untuk mengambil foto-foto menarik yang saya temui di sepanjang jalan nantinya. Begitu tiba di kawasan belakang rumah ibu, terhamparkan lahan yang sangat luas, yang mana saat ini sedang dilakukan pembibitan sawit oleh sebuah perusahaan swasta.

7989C129-D19C-42D3-935D-0B9B2F281F10.jpeg

Bibit sawit ini sudah ditanam dalam polybag, tampak ada ribuan bibit yang telah disemai. Tampaknya, ketika bibit-bibit ini besar nanti dan siap untuk ditanam, akan dapat memenuhi ratusan hektar kebun.

Di sebelah kiri jalan, terhampar pula lahan jagung yang sangat subur. Tampak hijau yang menenangkan.

Tanaman jagung ini memang masih muda. Baru berumur sekitar satu bulan, namun jagung-jagung ini tumbuh dengan baik. Ketika panen nanti, tampaknya akan menghasilkan beberapa ton jagung.

Kemudian saya melanjutkan perjalanan sehingga sampai pada jalan desa yang telah dirabat beton. Dahulu sewaktu saya masih SD, saya sering melintasi jalan ini untuk pergi ke sekolah.

Setelah beberapa menit saya berjalan di jalan tersebut, saya melihat ada setumpuk tanaman semangka di halaman rumah seorang penduduk. Lokasi pohon semangka tersebut tepat di pinggir jalan, dan dua buah semangka yang siap panen. Ukurannya cukup besar, mungkin bisa mencapai 4 kilogram.

Setelah mengambil beberapa foto, saya melanjutkan perjalanan hingga menemukan sebuah kebun jagung lagi. Namun kebun ini tidak seluas kebun yang saya temui sebelumnya. Jagung ini tampaknya akan segera panen, mungkin sebulan lagi sudah bisa dipanen.

Di dekat kebun jagung tadi, saya melihat ada seekor ayam kalkun. Saya pun menjepretnya.

Tak jauh dari situ, tampak pula seekor sapi jantan yang sangat gemuk. Dia diikat oleh pemiliknya di bawah pohon kelapa.

Di dekat lokasi sapi gemuk tadi, ada sebatang pohon pinang yang sedang berbuah. Tapi buahnya belum masak.

Setelah itu, saya terus berjalan, mengambil jalan satunya lagi, menuju ke rumah ibu saya. Namun, saya dikagetkan dengan sejumlah ekor sapi yang berada pada sebuah lahan peternakan. Sapi-sapi ini cukup gemuk.

Tampaknya semua sapi ini adalah jenis sapi Bali. Sapi Balo sangat mudah ditemui di Provinsi Aceh saat ini. Sapi Bali menjadi primadona peternak, karena mereka cepat berkembang biak.

Eh, saya dikagetkan oleh seekor ulat berbulu yang sedang bertengger pada sebatang tanaman. Hampir saja saya pegang tak sengaja. Untung saja belum terpegang.

Saya melakukan photowalking sekitar 45 menit. Sungguh sebuah kegiatan yang sehat dan menyenangkan. Lain kali saya akan membawa kamera DSLR, tidak cukup hanya mengandalkan kamera handphone.

After about 40 minutes walk, we finally arrived at my mother’s house.

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Bereh that pak dokter.... Weekend sambil foto2....

Hahahha. Hayeu cit bang. Jalan kaki, sambil foto hal2 menarik. Sang di Paya Kareung jai sit bang hal2 menarik 😀

Lee that di Paya Kareung menyoe si beg jak keuno hana diwoe2 lee...

😀😀😀