Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi

in indonesia •  4 months ago 

siswa-sd-sikat-gigi-peringati-hari-kesehatan-mulut-dunia_20170321_115308.jpg


Source

Mulut adalah gerbang asupan makanan dan minuman pada manusia, dan gigi, sebagai alat untuk menghaluskannya.

Karenanya, kesehatan gigi dan mulut sangat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Tak heran, profesi Dokter gigi, sangat di butuhkan. Di sinilah tempat para calon praktek Dokter gigi mempraktekkan kemampuan mereka merawat kesehatan gigi.

Selain menempuh pendidikan, tugas mereka mewujudkan gigi sehat bagi masyarakat.

Saya melihat, pertama sih kesehatan masyarakat Indinesia masih kurang. Dan kesehatan gigi dan mulut, juga mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, itu pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.


055590200_1560896309-Siwak_2.JPG
Source

Memiliki gigi indah dan sehat, tentu harapan setiap orang. Menjaga kesehatan gigi dan mulut seringkali di anggap remeh, padahal jika gigi sakit, dampaknya akan mengganggu kerja organ tubuh lain.

Kenapa saya bilang penting ?

Karena mulut itukan tempat masuknya makanan. Fungsi mengunyah juga di gigi, dan mulut. Jadi, kalau misalnya giginya sakit sedikit, pasti ngunyah nggak enak dan makan juga jadi nggak enak. Itu sih sebenarnya yang paling logis ya.

Riset Persatuan Dokter Gigi Indonesia, mengungkapkan, tiap orang Indonesia memiliki setidaknya 5 gigi berlubang. Ini akibat kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan dengan rutin meakukan pemeriksaan gigi, paling tidak 6 bulan sekali.

Paling parah lagi adalah ternyata hampir 3-4 dari si gigi itu di cabut. Padahal kan seharusnya dengan kesadaran mereka, nggak perlu terjadi seperti itu. Kita bisa cegah, dan paling sedikit kita juga bisa di bantu Dokter gigi, kalau sudah terlanjur berlubang, kan bisa di lakukan penambalan dan sebagainya.

6 bulan adalah waktu yang cukup, untuk bisa makanan mengeras, termineralisasi oleh air ludah, sehingga menghasilkan kalkulus, atau karang gigi, dan karies, atau lubang pada gigi.

Dalam kurun waktu 6 bulan, karies yang terbentuk masih berupa lubang kecil, dan belum mengenai saraf. Dan penderitanya belum merasakan sakit yang berarti. Begitu pula yang terjadi dengan karang gigi. Bila di bersihkan secara rutin, maka peradangan gusi bisa di hindari.

Karang gigi itu biasanya kita temukan di daerah-daerah dekat perbatasan gigi dan gusi. Di karang gigi ini dia menekan si jaringan penyangga gigi, makin lama makin turun. Lama-lama giginya kita goyang.

Saya sendiri juga mengakui saat di suruh pergi memeriksa gigi ke Dokter, kebetulan si Dokter ini merupakan teman chatting saya di WhatsApp.

"Aduuhh,,,, Dok, malas saya datang kalau nggak sakit."

Lantas Dokternya bilang gini, dengan nada suara lembut

"Hmm,,,, Justru sebelum sakit datang, karena kalau sebelum sakit itukan masih di gejala awal. Kita masih bisa tangani dengan perawatan yang simpel, ya kan ?

Ya, penelitian termutakhir seputar kesehatan gigi membuktikan, kesehatan gigi berpengaruh pada berbagai penyakit sistematik yang membahayakan penderitanya.

Mulai sekarang, beri perhatian lebih terhadap kesehatan gigi anda, dengan cara melakukan gerakan gosok gigi yang benar. Yaitu dari arah gusi ke gigi, dan melalukan pemeriksaan secara rutin 6 bulan sekali.

Jadi, jangan lupa selalu merawat gigi anda dengan baik.

Semoga bermanfa'at, sampai jumpa lagi.

Salam Steemian Indonesia 💫

~Keep writing~

IMG_20180321_112759.jpg

Salam Sajanat Inspiratif

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

1 !BEER Token for you

Thanks you, @palnetvoter 😊