Tips Aman Berbelanja Online

in online •  2 months ago 

cara-umkm-agar-selamat-dari-krisis-pandemi-covid-19-jbExBt5i2I.jpgSource

Berbelanja online memang beresiko, karena pembeli tidak bisa mencoba langsung kondisi produk yang dibeli.

Jadi, harus melihat dari layar misalnya. Belum lagi ada kemungkinan penipuan.

Nah, tapi ini sebenarnya ada kiat-kiat untuk mengantisipasi potensi kerugian ini, caranya tentu saja menjadi pembeli yang bijak.

Perkembangan pasar online di Indonesia adalah yang tertinggi di ASEAN. Hal ini karena dukungan teknologi dan akses internet yang mudah. Bahkan kini setiap orang dapat membuat akun Online Shop melalui media sosial yang tersedia. Namun kemudahan ini tidak di dukung regulasi yang jelas, keamanan belanja yang minim, dan tidak ada pengawasan. Hal ini membuat korban penipuan Online Shop pun kian meroket.

Seperti yang dialami teman saya Muhammad Syuqron. Waktu itu dia nyari jam tangan, kebetulan teman di sebelah kantor juga buka lihat-lihat jam tangan. Setelah cocok, dia beli. Pas beberapa hari kemudian, dia dapatnya yang kw-kw gitu, heheee

Meski belum ada regulasi, dan jaminan yang jelas, dalam bisnis online konsumen bisa bijak dalam memilih.

Ada beberapa tips agar aman berbelanja online, dan meminimalisir penipuan.


tips-belanja-online1.jpg
Source

Pertama, pastikan Url atau alamat web Online Shop diawali dengan Https. Hal ini menunjukkan situs online ini memeliki sistem keamanan yang baik.

Kedua, Online Shop yang bertanggung jawab akan mencantumkan alamat dan nomor kontak yang dapat dihubungi. Pastikan alamat yang tertera aktif dan dan merespon panggilan, dan konfirmasi konsumen.

Ketiga, lihat testimoni yang diberikan oleh konsumen kepada Online Shop.

Ke empat, mintalah rekomendasi dari orang terdekat sebagai pertimbangan memilih Online Shop yang aman.

Terakhir, utamakan sistem cash on delivery, atau bertemu secara langsung antara penjual dan pembeli. Dengan ini konsumen dapat memeriksa langsung barang yang akan dibeli.

Bila anda menjadi korban belanja online, jangan ragu untuk melapor, karena banyaknya penipuan online terjadi karena tidak melakukan pelaporan.

Semoga bermanfa'at, terima kasih sudah membaca.

By @midiagam

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!