Tanaman Waluhku Sudah Mulai BerbuahsteemCreated with Sketch.

in hive-193562 •  6 months ago 

Dalam postingan saya beberapa waktu yang lalu, saya sempat memposting bahwa saat ini saya sedang menanam waluh atau labu. Saat itu, tanaman waluh yang kutanam baru saja mulai tumbuh. Daun yang ada saja baru muncul beberapa helai.

Nah, kini seiring dengan berjalannya waktu, tanaman waluhku sudah mulai berbuah. Tidak seragam memang. Ada yang sudah berbuah agak besar, ada yang masih kecil dan ada yang masih berbunga.

Karena memang sifatnya tanaman waluh yang terus merambat, seiring dengan panjangnya tanaman yang terus bertambah, maka dalam setiap ruas akan muncul bunga-bunga baru.

Untuk diketahui, bahwa bunga waluh itu ada 2 jenis, yaitu bunga jantan dan bunga betina. Bunga yang nantinya bisa berlanjut menjadi buah hanyalah bunga betina saja. Adapun bunga yang jantan, maka ia hanya bertahan 1-2 hari saja mekarnya untuk kemudian layu dan gugur.

IMG_20200213_100326.jpg

Bunga waluh jantan

IMG_20200218_081842.jpg

Bunga waluh betina (perhatikan, di bagian pangkal bunga ada calon buahnya)

Karena ada 2 jenis bunga ini, maka inilah perlunya persilangan buatan. Persilangan yang saya maksudkan adalah persilangan manual dengan bantuan manusia. Jadi, bunga jantan dipetik, lalu secra manual benang sarinya dioles-oleskan ke putik bunga betina. Dengan begitu, pembuahan akan terjadi dengan sempurna.

Ini penampakan tanaman waluhku sekarang:

IMG_20200214_101508.jpg

IMG_20200214_101508.jpg

IMG_20200214_101424.jpg

Semoga tanaman waluhku bisa terus tumbuh optimal sampai masanya panen nanti. Insya Allah...

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Kita telah upvote dan resteem ke ribuan follower yaa.. :-> Terima kasih telah memvoting kami sebagai witness dan kurator anda.

Kalau kami di Aceh tanaman ini dikenal dengan nama Labu tanah, tanaman ini banyak sekali manfaatnya. Daun dan batang muda bisa dilemak dan ditumis, buahnya yang sudah matang bisa dibuat kolak dan dibuat timpan kue tradisional Aceh pengganti pisang. Dan bual labu tanah bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Posted using Partiko Android

Terima kasih sudha mampir di postinganku. Betul, tanaman ini banyak sekali manfaatnya. Dari referensi yang saya baca, waluh kaya akan serat dan zat antioksidan. Di Lampung, buahnya sering dikolak, apalagi jika pas puasa.

Makin kesini, makin banyak jenis olahan waluh ternyata. Bisa dibuat puding, bolu, dll...

Great work! Your post was selected for curation by one of @curangel's dedicated curators for its contribution to quality!

...unfortunately, it had to be excluded from curation because you recently bought a vote from a bid bot (minnowbooster).In our efforts to support #newsteem, authors who participate in vote buying are not eligible for our votes.

But don't worry. It only takes 7 days of not buying votes to be able to receive our vote again, so maybe one of your next posts will make it!

Take care and steem on!

Thanks. In the future, I will not buy votes (minnowbooster, etc). Thank you for the advice you are given.