#KilasBalik - Franco Baresi, "Si Kecil" Dengan Nama Besar

in sportstalk •  27 days ago 

gettyimages-1214483.webp
Sumber gambar

Negara Italia selalu melahirkan bek-bek tangguh yang menjadi ganjalan bagi penyerang di dunia dalam mencetak gol. Dan di Italia terkenal dengan catenaccio yang merupakan sebuah strategi dalam dunia sepak bola dengan konsentrasi kekuatan di lini bawah sebagai pertahanan terakhir. Dengan strategi ini, lawan akan dibuat tidak berkutik. Sejumlah striker terkenal pasti menemukan kesulitan dengan strategi catenaccio ini.

Salah satu tembok tangguh yang dimiliki oleh tim nasional Italia adalah Franco Baresi. Selain sangat menguasai strategi catenaccio, Baresi juga sangat bagus dalam mematahkan serangan lawan. Selain itu Baresi juga mempunyai jiwa kepemimpinan, hal ini terbukti dengan ban kapten yang disandangnya baik di tim nasional Italia dan AC Milan.

Bersama Italia, Baresi berhasil meriah gelar juara di Piala Dunia 1982 dan menempati peringkat ketiga di Piala Dunia 1990 serta sebagai runner-up di Piala Dunia 1994. Di tim nasional Italia, Baresi mencatat penampilan sebanyak 82 kali tampil dengan mencetak dua gol dari tahun 1982-1994 Wikipedia. Selain karir yang cemerlang di tim nasional Italia, Baresi juga bergelimang gelar di level klub saat membela AC Milan. Baresi mengenakan ban kapten AC Milan selama 15 tahun dan Milan merupakan satu-satunya klub yang diperkuatnya. Sehingga nomor punggung enam yang merupakan nomor yang dikenakan Baresi sudah diabadikan oleh Milan. Dan pada tahun 1999, Baresi terpilih sebagai pemain terbaik AC Milan abad ini. Sebuah prestasi yang sangat sulit diraih oleh pemain yang berposisi sebagai pemain bawah.

Bersama AC Milan, Baresi mengoleksi 3 titel Liga Champions UEFA (1989,1990 dan 1994) dengan tampil sebanyak lima kali di partai final. Baresi juga mengoleksi 6 titel Serie A Italia dan Piala Coppa Italia. Bersama Milan juga meraih Piala Interkontinental dua kali. Selain gelar bersama tim nasional dan klubnya AC Milan, Baresi juga mengoleksi gelar individu diantaranya sebagai pemain terbaik Serie A pada musim 1989/90. Meraih medali perak Ballon d'Or 1989. Pemain-pemain Milan sendiri pernah dua kali menguasai panggung Ballon d'Or, yaitu tahun 1988 dengan Marco van Basten, Ruud Gullit dan Frank Rijkaard. Dan pada tahun 1989 dengan Marco van Basten, Franco Baresi dan Frank Rijkaard.

Baresi pensiun dari tim nasional pada tahun 1994 dan dari AC Milan pada tahun 1997. Bersama Milan, Baresi membukukan penampilan sebanyak 532 kali dengan mencetak 16 gol. Setelah Baresi pensiun, ban kapten AC Milan dipegang oleh Paolo Maldini yang merupakan bek tangguh lainnya yang di miliki oleh AC Milan dan Italia.

Bagi anda yang penasaran dengan kemampuan Franco Baresi, video dari kanal Serie A dapat anda tonton sebagai referensinya.

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!
Sort Order:  

Hi! You have received a vote at 13.36% from @tlnt account for use the #talentclub tag.

Talented authors receive extra rewards with the TLNT token, check yours in:

https://www.thetalentboulevard.com/@anroja.sports

More info Here, happy weekend ;)

Congratulations @anroja.sports! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You published a post every day of the week

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do not miss the last post from @steemitboard:

SteemFest⁴ commemorative badge refactored
Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!