#KilasBalik - Marco van Basten, Si "Belanda Terbang"

in sportstalk •  27 days ago 

Screenshot_2019-10-18-16-42-10-853_com.opera.browser.png
Sumber gambar

Pada dua artikel terakhir yang sudah saya posting banyak mengulas tentang kehebatan duo Belanda di kancah sepakbola Eropa di akhir tahun 80-an yaitu Ruud Gullit dan Frank Rijkaard. Tidak lengkap rasanya apabila saya tidak mengulas juga tentang Marco van Basten yang merupakan tiga serangkai yang mengguncang Eropa pada tahun 1988 saat meraih gelar Piala Eropa.

Bukan hanya di level tim nasional Belanda, kehebatan mereka bertiga menular juga ke level klubnya yakni AC Milan. Saya sederat gelar berhasil di raih oleh van Basten baik gelar level klub, level tim nasional dan gelar individu. Tapi sayang, van Basten memiliki karir yang singkat dalam sepakbola. Cedera yang berkepanjangan memaksanya harus pensiun dini di usianya yang ke 28 tahun. Selama karirnya van Basten hanya membela dua klub saja yaitu Ajax Amsterdam dan AC Milan.

Van Basten disebut-sebut merupakan salah satu pemain terbesar sepanjang sejarah sepakbola. van Basten pernah meraih gelar Piala Eropa 1988 dan gelar Liga Champions UEFA dan Piala Winners UEFA serta gelar Serie A Italia dan Liga Belanda. Sedangkan secara individu van Basten pernah meraih gelar pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak di Piala Eropa 1988. Meraih gelar pemain terbaik Dunia FIFA tahun 1992 dan 3 gelar Ballon d'Or.

Van Basten dikenal dengan keahliannya dalam mencetak gol dari berbagai posisi dengan kakinya, kepala dan kedua kakinya begitu hidup. Selain itu van Basten sangat baik dalam mengontrol dan menggiring bola melewati bek lawan dan kiper serta mempunyai tendangan voli yang sangat akurat. Tendangan volinya yang sangat legendaris adalah saat mencetak gol di Final Piala Eropa 1988 bersama tim nasional Belanda melawan Uni Soviet. Dari sudut sempit di kiri gawang Uni Soviet, van Basten menyambut umpan lambung dengan tendangan voli yang keras dan bersarang di gawang lawan, sehingga seluruh penonton dibuatnya terpana.

Setelah pensiun dini, van Basten masih belum bisa jauh dari si kulit bundar, van Basten memulai karir kepelatihannya dengan menangani tim yunior Belanda pada tahun 2003 dan klub Ajax Amsterdam dan tim nasional Belanda. Saat ini van Basten menjabat sebagai asisten manajer tim nasional Belanda.

Pada video kanal YouTube dari HeilRJ Football Channel berikut ini, anda bisa menonton kehebatan dari "The Flying Dutchman".

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!