Begadang, Jangan Begadaaang....

in steemzzang •  last month 

image-adakah-dampak-begadang-bagi-kesehatan-pria.jpg


Source

Begadang adalah keadaan di mana seseorang berjaga tidak tidur sampai larut malam. Banyak orang yang menganggap begadang suatu hal wajar, atau bahkan harus dilakukan.

Ntah karena lembur harus menyelesaikan proyek kantor, nonton pertandingan bola, atau belajar dengan sistem kebut semalam menjelang ujian penting.


1-fpeohcthynhov3lq3cobhg-c6b50785abb860dc1fbd422ba3d0e78d_750x500.jpeg
Source

Namun anda perlu hati-hati terhadap berbagai efek begadang terhadap tubuh dikemudian hari. Kebiasaan ini dikabarkan dapat meningkatkan resiko sejumlah masalah kesehatan serius. Mulai dari hipertensi, diabetes, penyakit jantung, obesitas, anemia, hingga kematian dini.

Terlepas dari resiko penyakit, kurang tidur juga dapat menurunkan fokus dan kewaspadaan anda.

Karena jam biologis normal manusia itukan telah menyesuaikan, bahwa malam hari waktu untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Jam biologis teratur mempengaruhi gaya hidup sehat. Namu banyak juga orang yang bikin jam biologis terbalik dengan manusia pada umumnya. Tubuh terjaga sepanjang malam demi menjalankan rutinitas kerja, sehingga membuat jam istirahat berubah. Waktu makan dan berolahraga jadi jadi berantakan, bahkan badan menjadi lelah.

Sadar akan kepentingan kesehatan tubuh, saya tetap menjaga asupan makanan, dan olahraga, demi meningkatnya kinerja otak, dan produktivitas kerja yang maksimal.

Walaupun banyak orang mampu menerapkan fitur-fitur terbalik, namun menurut Dokter, mengubah jam biologis normal, sama halnya dengan menciptakan gangguan tidur.

Sejalan dengan perubahan jam biologis, resiko terkena penyakit juga meningkat, karena penurunan daya tahan tubuh.
Mendapatkan pola hidup sehat juga menjadi tantangan para pekerja malam.

Saya ada ada tips bagi para pekerja malam, untuk menjaga kondisi badannya agar tetap fit.

Jadi, kalau yang bekerjanya memang dari dimalam sampai pagi, disarankan ya seumur hidup seperti itu, dengan catatan pulang tidur, dicukupi kebutuhannya.

Jadi, kalau untuk pekerja sebenarnya harus diatur nomor satu adalah cahaya. Jam biologis kita itu peka sekali terhadap cahaya. Melatonin yang kita sebut sebagai hormon tidur, itu hanya dikeluarkan oleh tubuh pada saat gelap.

Jadi, kalau terang tidak diproduksi. Pakai kacamata gelap, sampai rumah juga dijaga suasananya supaya sunyi. Tidak sunyi betul, tapi ya seperti malam.

Kemudian kamar juga cenderung gelap, supaya dia bisa beristirahat. Tidak disarankan misalnya untuk sekon jam.

Manusia secara normal harus tidur 6-8 jam sehari. Sedangkan untuk kasus begadang ini, jam tidurnya kurang dari 6 jam. Otomatis tidak dapat memenuhi waktu minimal, sehingga dapat memunculkan hal negatif bagi fisik dan psikis seseorang.

Memang seringkali kita begadang bukan karena kemauan sendiri, tapi karena adanya sebuah tugas, atau keharusan. Pertanyaan yang sering muncul di benak kita adalah, bila bahaya yang ditimbulkan akibat begadang ini sangat banyak, apakah ada solusi untuk nenghilangkan dampaknya ?

Secara normal itu kebutuhan tidur seseorang itu sesuai dengan umurnya. Jadi, misalnya masih anak-anak, apalagi bayi, yaitu bisa 24 jam juga tidurnya, bisa 20 jam kali ya.

Kemudian kalau umur SD, kira-kira 9-11 jam. Kemudian SMP, SMA, itu sekitar 10 jam lah, 8-10 jam.

Nah, kalau sudah dewasa-dewasa itu sekitar cukup antara 8 jam. Nah, masalahnya banyak orang yang terpaksa, tadi juga sudah saya sebutin ya, terpaksa harus begadang.

Nah, dengan begadang itu waktu tidurnya berkurang dari 8 jam itu. Dan itu, kita bicara dewasa ya, kurang dari 8 jam. Dan itu memang menimbulkan efek-efek yang tidak baik.

Salam Steemian Indonesia 💫

~Keep writing~

IMG_20180321_112759.jpg

Salam Sahabat Inspiratif

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!