Pola Didik Anak, Ala Saya

in steemzzang •  last month 

IMG_20200628_192712.jpg


Keluarga merupakan pendidikan pertama bagi anak. Tak heran, peran orang tua sangat besar bagi pembentukan karakter sang buah hati. Salah satu satu cara andalannya adalah menjadi contoh yang baik untuk sang anak.

Kalau mendidik anak, ini kalau menurut cara saya, itu memang pastinya kita kasih contoh yang baik. Karena anak kecil itu dibilangin, dijelaskan, diterangin itu mengerti, cuma nggak 100% mengerti. Jadi, dia nangkap apa yang dia mengerti.


IMG20160531180708.jpg

Beri contoh yang baik, mulai dari hal kecil

Kayak misalnya, kita berdo'a sebelum makan, harus cuci tangan sebelum makan, kayak gitu, cuci tangan kaki, sebelum tidur. Terus bagaimana kita berinteraksi sama orang yang lebih tua, bagaimana kita berinteraksi dengan teman-teman kita, bagaimana kita harus berlaku dan bicara sopan, nggak bicara kasar di depan anak, nggak sumpah serapah yang nggak jelas.

Jadi, memang kita harus kasih contoh yang baik-baik untuk anak. Itu akan terkenang terus sampai dia dewasa nanti.

Harus Menanam Komitmen Dasar

Komitmen dasar anak-anak yang pasti harus kenal Tuhan, tapi pasti pelan-pelan. Kenal Tuhan itu bisa dimulai dari keluarga, kayaknya semua keluarga juga gitu ya. Ingin anak-anaknya kenal sama Tuhan.

Jadi, emang benar itu ditanamkan "Kamu di sini, ada di dunia ini karena kuasanya Allah SWT."

Jadi, dikasih tau itu. Pokoknya kita ajarin kalau ada apa-apa. Berdo'a... Berdo'a... Berdo'a. Karena kekuatan do'a itu besar sekali. Kita ajarin anak kita dari hal kecil seperti itu.

Semoga bermanfa'at.

Salam Steemian Indonesia 💫

~Keep writing~

IMG_20180321_112759.jpg

Salam Sahabat Inspiratif

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!