Stop Makan Dan Minum Sambil Berdiri, Ini Efeknya Bagi Kesehatan

in steemzzang •  last month 

images-21.jpeg


Source

Makan dan minum dalam keadaan berdiri sudah menjadi suatu kebiasan yang sering kita jumpai di masyarakat. Padahal secara normal, makan dan minum sambil berdiri cenderung dikonotasikan dengan perbuatan tidak sopan.

Awalnya aktivitas makan sambil berdiri hanya dilakukan pada acara-acara tertentu yang tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Namun seiring kemajuan zaman yang ekstra cepat, makan bukan lagi kegiatan yang spesial.

Dahulu orang-orang selalu makan dalam keadaan duduk untuk menghargai berkah yang diberikan sang pencipta. Namun kini makan sambil berdiri bahkan berjalan, sudah jadi hal lumrah.


makan-640x359.jpeg
Source

Orang tua kita sering melarang kita makan dan minum sambil berdiri. Mungkin kedengarannya seperti nasehat biasa saja, tapi tau hal itu ada benarnya. Karena kabarnya, makanan dan minuman yang disantap saat posisi tubuh berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf.

Gerakan refleksi saraf terjadi ketika makanan atau minuman yang masuk pada saat kita berdiri mengagetkan saraf kelana disekitar usus yang kemudian memicu terjadinya disfungsi saraf. Akibatnya fatal, seseorang bisa pingsan, atau bahkan mati mendadak.

Selain mempengaruhi saraf, makan dan minum sambil berdiri, konon bisa mempengaruhi kesehatan organ-organ pencernaan kita. Kebiasaan makan dan minum sambil berdiri yang berlangsung lama, di klaim bisa menyebabkan terjadinya luka pada lambung. Makan dan minum sambil berdiri bisa memicu naiknya asam lambung.

Asam lambung naik karena tekanan air yang di minum saat berdiri mengagetkan saluran pencernaan yang menuju ke lambung.

Nah, dengan gambaran tersebut, nampaknya anda harus berpikir ulang jika ingin menjadikan kebiasaan makan dan minum sambil berdiri sebagai gaya hidup.

Tapi memang makan dan minum sambil berdiri ini tidak dianjurkan. Tapi ini justru ada sejumlah restoran yang menawarkan makan sambil berdiri.

Sahabat Steemian,,,, Apa jadinya bila sebuah restoran tidak mempunyai tempat duduk, alias harus berdiri sambil makan.
Waahh,,,, rasa lapar bisa kalah dengan rasa pegal di kaki saat berdiri. Herannya ada restoran yang benar-benar menerapkan konsep standing restoran, atau restoran berdiri. Dan uniknya semuanya ada di Jepang.

Restoran berdiri pertama yang akan saya bahas adalah khusus untuk penggemar barbeqiu, Jiromaru, nama restorannya.

Restoran yang buka sejak pukul 11 pagi, hingga pukul 5 pagi ini terletak di Distriksing, Tokyo, Jepang. Jorimaru menyajikan daging kualitas tinggi dengan harga yang terjangkau, sekitar 10 Yen perporsi, atau setara dengan 19.000 Rupiah. Cukup terjangkau
bukan ?

Berikutnya ada Ikinari Steak. Restoran yang memiliki seratus cabang di Jepang ini, buka setiap hari, mulai pukul 11 pagi, hingga tengah malam. Di sini anda dapat memesan steak sesuai berat dan potongannya.

Terakhir ada Wagasi Shinjoku yang terletak di sisi barat stasiun Shinjoku, Tokyo, Jepang. Restoran ini beroperasi dari Senin, hingga Jum'at, mulai pukul 11 pagi, hingga pukul setengah 11 malam. Meskipun harus makan sambil berdiri, restoran ini tak pernah sepi pelanggan. Restoran ini menjual sushi dengan bahan baku segar yang di ambil langsung dari pasar Sukeze. 1 set sushi berisi 10 buah, dihargai kurang dari 1000 Yen, atau sekitar 125.500 Rupiah.

Anda siap makan sambil berdiri ?

Oke, itu tadi sedikit informasi tambahan masih terkait dengan makan sambil berdiri. Sebelum
menutup posingan ini, saya akan berbagi informasi sedikit tentang resiko atau bahaya yang di timbulkan dari makan sambil berdiri ini.

Tau kah anda, bahwa makan sambil berdiri bisa menyebabkan perut mual, dan sesah.

Kenapa ?

Karena kalau kita makan sambil berdiri itukan cenderung makanan yang kita konsumsi makan banyak. Nah, ketika kita makan banyak tersebut, memang cenderung udara yang kita telan itu lebih banyak.

Jadi, kita memang lebih kembung dibandingkan kalau kita makannya duduk. Tapi ya tergantung tadi, makan kita apa. Kalau sekedar berdiri cuma secuil kue doang ya nggak lah, misalnya kan gitu.

Tapi kita kan bicara makan besar, makan standing party.

Selain tidak sopan, tetapi dalam Islam, Rasul pernah mengatakan bahwa tidak boleh makan dan minum sambil berdiri.

Semoga bermanfa'at

Salam Steemian Indonesia 💫

~Keep writing~

IMG_20180321_112759.jpg

Salam Sahabat Inspiratif

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!