Uban Bisa Terjadi Pada Siapa Saja, Berikut fakta, Dan Cara Pencegahannya

in steemzzang •  last month 

ubanmunculdiusiamudatandaapahalodoc.jpg


Source

Sahabat Steemian....

Kalau kita ngomongin masalah uban. Uban inikan menjadi masalah rambut yang dapat mengganggu penampilan, sehingga tidak jarang orang berusaha menghilangkannya. Dan di sini saya akan membahas tuntas seputar uban.

Yapp, kemunculan uban merupakan hal yang tidak menyenangkan, dan mengganggu penampilan indah rambut, munculnya uban pun sering di identikkan dengan faktor usia. Padahal kemunculan rambut berwarna abu-abu muda ini tidak hanya dipengaruhi oleh faktor usia.


shutterstock_565365151.jpg
Source

Uban terjadi karena berubahnya kadar melanin pada rambut, dan umumnya tumbuh saat usia kepala empat, dan katanya tidak bisa dicabut, karena uban bertambah banyak.

Itu sebenarnya mitos, karena uban itu sekalipun dicabut, belum tentu terjadi uban lagi. Bisa jadi tumbuh berikutnya adalah rambut yang berwarna hitam.

Usia masih muda, tapi kok sudah ubanan. Hal ini tentu saja bikin anda kurang percaya diri, karena membuat anda tampak lebih tua. Pasalnya rambut yang memutih termasuk salah satunya adalah tanda penuaan yang biasanya muncul di usia 30 tahun keatas.

Nah, pertanyaannya, apakah benar kalau uban di usia muda adalah tanda penyakit serius ?

Itu mitos. Karena memang ada beberapa penyakit bawaan genetik yang menyebabkan salah satu tandanya adalah anak tersebut memiliki uban sejak muda. Tapi bukan berarti karena ada uban, berarti ada suatu penyakit yang berbahaya di dalamnya, itu belum tentu.

Banyaknya deadline pekerjaan, dan minimnya waktu luang untuk refreshing, tidak jarang membuat sebagian orang terjangkit stress. Nah, katanya kalau stress bisa menyebabkan rambut beruban.

Nah, kalau ini fakta. Beberapa jurnal ternyata menunjukkan laporan kasus yang menunjukkan bahwa orang-orang dengan stress tinggi, bisa jadi rambutnya kemudian berwarna putih dalam waktu singkat.

Jadi, ada laporan lagi yang menyatakan bahwa pada pasien yang stress tinggi, bisa timbul uban dalam waktu beberapa minggu.

Rambut pada dasarnya berwarna putih. Warna hitam, atau coklat pada rambut di dapat karena adanya melanin pada rambut. Jadi, tidak jarang untuk membuat penampilan menarik, banyak orang mengganti-ganti warna rambut.

Eitsss,,,, tapi hati-hati, mewarnai rambut bisa menyebabkan ubanan.

Ini fakta. Jadi, pada bahan-bahan untuk mewarnai rambut salah satunya adalah hydrogen proksidan. Itu bisa bisa menyebabkan rambut berubah warna, jadi mempengaruhi warna dari rambut itu sendiri

Apakah orang tua anda ubanan di usia muda ? Uban akan muncul ketika sel-sel memproduksi pigmen berfungsi melepaskan melanin yang memberikan warna pada rambut. Munculnya uban di usia muda katanya karena faktor keturunan.

Ini fakta. Karena pada kenyataannya memang ada orang-orang yang secara genetik akan mudah untuk uban. Di samping ada beberapa penyakit genetik yang akan menyebabkan salah satu tandanya adalah tumbuh uban pada saat masih muda.

Penuaan dini memang selalu tampak menakutkan, apalagi untuk wanita. Bukan karena bertambahnya umur, berbagai faktor seperti paparan sinar matahari, pola makan yang kurang sehat, dan merokok, dapat membuat penuaan dini terjadi lebih cepat.

Itu tidak benar. Jadi, tidak berarti bahwa anak-anak muda yang beruban sudah terjadi penuaan dini. Karena warna ini hanya mempengaruhi rambutnya saja, bukan berkisar pada keseluruhannya.

Kemunculan uban juga dipengaruhi karena kekurangan beberapa zat gizi yang membantu produksi sel darah merah, dan melanin. Seperti vitamin B12, B9, E, C, dan kekurangan zat besi, asam lemak, dan lain-lain.

Dan berikut ini saya ada tips, yaitu 4 jenis makanan yang mungkin bisa anda coba di rumah, untuk pencegahah uban yang baik dikonsumsi untuk anda.

Untuk mencegah uban, anda bisa memperbanyak mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini.

Sayuran hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau, seperti bayam, seledri, sawi, dan sayuran hijau lainnya, dapat mencegah timbulnya uban. Biasakan konsumsi segelas jus sayuran hijau di pagi hari.

Cokelat

Makanan lezat yang sering dijadikan camilan ini dapat meningkatkan produksi melanin. Sebaiknya bisa memilih jenis coklat yang murni untuk hasil yang maksimal, serta tidak menambahkan banyak kalori pada tubuh anda.

Aneka Buah berry

Makanan ketiga adalah berbagai aneka buah berry. Seperti strawberry, rasberry, blueberry, dan buah berry lainnya. Aneka buah berry ini mengandung kaya vitamin, mineral, dan kaya akan antioksidan, guna mencegah pertumbuhan uban pada rambut.

Salmon

Makanan terakhir adalah salmon. Ikan laut satu ini mengandung selenium, yang juga membantu produksi aneka hormon di dalam tubuh. Salmon juga diperkaya dengan protein yang tinggi, sehingga efektif mencegah tunbuhnya uban.

Semoga bermanfa'at.

Salam Steemian Indonesia 💫

~Keep writing~

IMG_20180321_112759.jpg

Salam Sahabat Inspiratif

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!