Mengintip Perpustakaan Termegah Di Dunia

in story •  2 months ago 

hipwee-tianjin-binhai-library-china-mvrdv-5-5a094b35597b6__880-640x959.jpg


Source

Nah, mengunjungi perpustakaan bisa menjadi salah satu alternatif mengisi liburan. Selain memiliki koleksi buka yang banyak, jumlah perpustakaan diberbagai negara, menarik untuk disambangi, karena arsitektur bangunannya yang bernilai tinggi.

The British Library, perpustakaan Nasional Inggris yang terletak di Euston Road, London, Inggris ini merupakan salah satu perpustakaan terbesar dibidang riset.


British-Library-Reading-Room.jpeg
Source

Perpustakaan ini awalnya adalah sebuah Museum. Pada pertengahan abad ke 19, beralih fungsi menjadi ruang baca, dan akhirnya menjadi Museum Library, hingga sekarang.

Perpustakaan ini mengoleksi sekitar 25 juta buku, dan merupakan perpustakaan terlengkap kedua setelah American Library.

British Library, memiliki naskah dan barang kuno dari tahun 300 sebelum Masehi. Perputakaan ini juga menyimpan tulisan magna carta, yang dikeluarkan pada tanggal 15 Juni 1215, yang membatasi monarki Inggris, dari kekuasaan Absolu.

Selain buku, perpustakaan dengan arsitektur megah ini juga menyimpan journal, koran, majalah, rekaman suara, musik, perangko, dan banyak lagi koleksi lainnya.

Bagi pecinta sejarah, Oxford University Bodleian Library, atau perpustakaan Bodleian, menjadi pilihan yang wajib dikunjungi. Perpustakaan tertua di Eropa ini hanya mengoleksi buku-buku terbitan Inggris.


Oxfords_new_Weston_Library.jpg
Source

Setiap hari karyawan perpustakaan kuno melakukan tugas yang sama, mencatat kedatangan 1000 buku baru, dan meletakkannya di rak-rak buku yang sesuai. Rutinitas ini selalu berulang setiap harinya. Dengan rak buku yang sangat banyak, para staf yakin, perpustakaan ini mampu menyimpan koleksi buku hingga 20 tahun ke depan.

Konon untuk membangun dan membenahi perpustakaan ini, dibutuhkan dana hingga 10 juta Poundsterling, atau sekitar 200 Milyar Rupiah.

Karena ruangannya yang unik, dan memiliki nilai seni tinggi, perpustakaan ini sempat menjadi pengambilan gambar dalam salah satu adegan film Harry Potter.

Berikutnya adalah Library of Congress. Perpustakaan Nasional Amerika Serikat, yang terletak di Washington ini.


LIBRARYsub-articleLarge.jpg
Source

Library of Congress merupakan perpustakaan terbesar di dunia katalog. Perusahaan ini menfaftar lebih dari 32 juta judul baru pustaka yang ditulis dalam 470 bahasa.

Pustaka ini juga menyimpan koleksi 61 juta manuskrip, dan koleksi buku langka terbesar di Amerika Utara, termasuk naskah deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat.

Pada akhir November 2005, Library of Congress, mengumumkan proyek perpustakaan digital nasional. Proyek ini kemungkinkan akses bahan pustaka melalui website, dalam berbagai bahasa dari seluruh dunia.

Rasanya kalau bagi anda pecinta buku, kalau ada di perpustakaan yang gede, yang pasti surga banget, wisata perpustakaan ini.

Sempat saya membaca bahwa ada macam koleksi ya di Australia, contohnya itu koleksinya adalah setiap buku yang diterbitkan di Australia, itu harus diberikan minimal 1 copy ke perpustakaan. Apapun harus ada 1 copy ke perpustakaan nasional di sana.

Jadi, di sana bisa menerima 1000 buku baru dalam 1 hari. Makanya, kalau di Australia, perpustakaannya besar-besar, karena mau nyari buku apa saja ada, gitu ya.

Berarti di toko buku ada, di perpustakaan juga ada.

Indonesia juga punya perpustakaan termegah, salah satunya di Riau. Itu pembangunannya bisa mencapai 44 Milyar Rupiah.


2.jpg
Source

Jadi, kalau kita datang ke Riau, ada bangunan besar, paling besar di jalan Sudirman itu.

Nah, itu dia terdapat perpustakaan termegah di Indonesia.

Sampai jumpa lagi.

By @midiagam

erbesar di dunia ini

Authors get paid when people like you upvote their post.
If you enjoyed what you read here, create your account today and start earning FREE STEEM!